Wednesday, April 15, 2020

MENULIS DI MAJALAH SUARA GURU PB PGRI


Narasumber     : Dr. Jejen Musfah
Tema               : Menulis di Majalah Suara Guru PB PGRI

Menulis itu bisa diterbitkan dimana saja. Bisa dimedia social maupun dimedia cetak. Salah satu contoh menulis pada media cetak adalah di Majalah.

Pada pembelajaran ke tiga belas ini, Om Jay mengundang narasumber dari  Pemimpin Redaksi Majalah Suara Guru PB PGRI. Beliau bernama Dr. Jejen Musfah.

Mengawali pembelajaran Pak Jejen menyapa peserta menulis online dengan salam. Setelah itu beliau mulai memaparkan materi tentang Menulis di Majalah Suara Guru PB PGRI. Beliau menyampaikan untuk dapat menulis di majalah bisa berbagai macam. Ada resensi, sastra, destinasi, maupun opini dari penulis.

Opini intinya gagasan penulis atas kebijakan atau fakta pendidikan yang sedang terjadi. Artinya opini tidak akan kehilangan topic. Kebijakan dan fakta pendidikan selalu hadir. Tapi tidak semua berhasil menangkap momentum untuk menanggapi.

Beliau bercerita, majalah PGRI sudah puluhan tahun ada klik disini. Seharusnya guru dapat menulis apa yang ia lakukan didalam pendidikan dan dimuat di majalah PGRI, karena guru adalah seorang praktisi.

Tulisan yang dibuat oleh guru bisa dimuat majalah PGRI berbentuk online dan offline. Majalah offline ini biasanya dicetak 5000 eksmplar, bibagikan ke hampir 34 provinsi dan rubriknya beragam.

Beliau menambahkan, beliau sangat terbuka oleh artikel atau tulisan yang ditulis oleh guru. Karena saat ini beliau masih kekurangan naskah berkualitas. Apabila ingin mengirimkan bisa langsung melalui klik disini. Syaratnya mudah saja hanya dengan menyebutkan status dan mengirimkan foto. Tulisan yang dikirim sudah disediakan editing dan redaktur. Untuk mengirimkannya saja juga free tanpa dipungut biaya.

Artikel yang dikirimkan sesuai rubric yang ditentukan. Selain itu, juga diutamakan di bidang pendidikan dan mengangkat isu-isu yang hangat atau sedang dibicarakan oleh public. Jika ingin mengirimkan opini, maka maksimal 1000 kata. Jika tulisan kita dipilih, maka dalam hitungan jam akan terbit di media online. Tetapi jika dimedia cetak, maka akan diterbitkan dua bulan sekali. Cara melihat tulisan kita dipilih atau tidak, maka bisa dilihat di web atau link yang dikirim oleh tim.

Diakhir pembelajaran, Om Jay mengirimkan sebuah resume yang beliau tulis dari hasil pembelajaran bersama Dr. Jejen Musfah klik disini.

Arifiani Kurniasih
SDN Mentel I Tanjungsari


No comments:

Post a Comment