Friday, April 3, 2020

GURUNYA MANUSIA

gurunya manusia Archives | Munif Chatib
(Munif Chatib)


RESUME 6
BELAJAR MENULIS GELOMBANG 7
Jumat, 3 April 2020
(ARIFIANI KURNIASIH_SD N MENTEL I TANJUNGSARI)

Pembicara pembelajaran keenam menulis online adalah Bapak Munif Chatib. Seperti sebelumnya, pembelajaran dimulai pukul 19.00 WIB. Tema pembelajaran malam ini adalah Menulis tentang Momen Spesial Kala Mengajar.

Bapak Munif Chatib merupakan konsultan, praktisi pendidikan, dan penulis buku popular. Beliau lahir di Surabaya pada tanggal 5 Juli. Pak Munif terkenal sebsgai penulis buku best-saller Sekolahnya Manusia. Untuk lebih lengkapnya profil Bapak Munif Chatib  (https://munifchatib.com).

Pada awal pembelajaran Pak Munif memberikan materinya disebuah link youtube (https://youtu.be/-tGJsRRQrV0) yang berdurasi 13 menit. Selain itu, beliau juga memberikan file berbentuk pdf sebagai contoh artikel bebas momen spesial.

Apa itu Momen Spesial?
Pada awal materi yang ada di chanel youtube beliau menyampaikan tentang pengertian momen special. Momen Spesial menurut Munif Chatib adalah kejadian khusus yang terjadi antara guru dan siswa baik didalam maupun diluar kelas. Momen special ini dapat masuk dalam memori jangka panjang. Memori jangka panjang yaitu memori yang tidak akan terlupakan dalam seumur hidup seseorang.

Tiga hal besar yang meliputi momen special. Hal tersebut adalah:
  1. Perubahan motivasiArtinya siswa yang semula tidak minat dalam pembelajaran, namun setelah mendapat motivasi dari guru atau lingkungan sekitarnya, maka siswa tersebut menjadi berminat untuk mengikutinya.
  2. Perubahan kemampuan. Artinya siswa yang semula tidak mampu menjadi mampu/ bisa.
  3. Perubahan sikap. Artinya siswa yang awalnya tidak rajin, tidak disiplin tapi berubah menjadi rajin.

Saat kita mengajar, kita tidak akan lari dalam tiga kemungkinan. Kemunginan tersebut ada dalam proses pembelajaran. Yaitu pada pembuka, isi, dan penutup. Tiga tahapan ini memiliki potensi dalam memberikan momen special. Momen special ini dapat tercipta ketika kita dapat peka. Misalnya saja saat mengajar, kita peka terhadap momen special maka itu luarbiasa akan ada di memori kita sampai akhir hayat.

Pak Munif juga menambahkan jika mengajar itu yang terpenting pada awal dan akhir pembelajaran. Pada awal atau pendahuluan, bisa disebut apersepsi. Jika apersepsi berhasil, biasanya siswa tertarik untuk belajar, sehingga kemungkinan besar paham. Selain itu, pada akhir pembelajaran atau pada bagian penutup. Pada bagian penutup pembelajaran harus keren. Bagian ini bisa kita masukkan pada kesimpulan tentang hikmah dari materi ajar.secara neurosains, awal dan akhir itu penting dan yang 80% tercatat diotak siswa kita. Namun pada bagian inti pembelajaran juga bisa menjadikan momen special. Hal ini bisa diterapkan ketika pada saat pembelajaran kita dapat memilihmetode yang bersifat student center learning.  

Mengapa Momen Special Harus Ditulis?
Ada tiga hal penting yang melatarbelakanginya. Hal tersebut adalah:
1.      Pembaca tak akan lupa seumur hidup, sebab masuk memori jangka panjang. Sayang jika ada potensi bacaan yang akan masuk sebagai memori jangka panjang, tapi pembaca tidak menulisnya.
2.      Potensi menjadi tulisan yang dibaca, dikenang, dibagi, dan dicari. Artinya penulis yang baik adalah memiliki prinsip ini. Dapat dibaca orang lain, dapat dibagi melewati buku ataupun media social, dan tulisan kita adalah tulisan yang dicari orang lain.
3.      Mudah ditulis dengan artikel bebas. Artinya artikel yang ditulis tidak terikat dengan aturan artikel ilmiah.

Mengapa Memori Special Masuk Ke Memori Jangka Panjang?
Ada 5 pintu pembuka.
  1. First experienceApapun kejadian atau pengalaman pertama pada siswa, itu menjadi memori jangka panjang. Misalnya semua pengalaman kita tentang apa saja pasti kita tidak akan lupa sampai saat ini.
  2. RelevanceRelevance adalah kejadian-kejadian yang berhubungan antara topic materi dengan kondisi siswa. Jadi antara materi dan keadaan siswa sangat berhubungan erat. Misalnya saja materi yang kita sampaikan berbeda bahkan tidak sesuai dengan kondisi siswa, maka kejadian atau materi itu langsung dilupakan. 
  3. Rehearsal (diulang-ulang). Misalnya saja kita membaca Surah Al-Fatihah (bagi muslim) sampai diluar kepala, karena setiap sholat kita membacanya. Begitu juga dengan  materi, jika kita terus-menerus mengulangnya maka materi itu menjadi memori jangka panjang.
  4. Emotional (perasaan).Perasaan yang dimaksud adalah perasaan seseorang, baik perasaan bahagia, takut, beci, panic, terkejut, dan lainnya. Biasanya proses pembelajaran yang memiliki muatan emosional maka akan masuk memori jangka panjang.
  5. Survival. Bagaimana mengajar yang mengandung unsur bertahan dalam hidup. Masalah atau hambatan dalam hidup itu pasti. Namun bagaimana kita menyelesaikan masalah itu. Cara kita dalam menyelesaikan masalah tersebut yang akan menjadi memori jangka panjang.

Bagaimana Cara Menulis Momen Spesial?
Ada tiga tahapan menulis special momen. Tahapan tersebut adalah:
  1. Catat/ rekam kejadian momen special pada saat terjadi.
  2. Elaborasi, mencari data-data pendukung terhadap momen special. Data dapat berupa fakta, saat bertanya, atau kita menambahkan imajinasi.
  3. Menulis. Menulis ini dapat dilakukan apabila data telah terkumpul, setelah itu kita dapat menuliskannya dalam bentuk artikel bebas.

Beliau juga memberikan contoh menulis artikel bebas. Artikel bebas ini dapat kita buat ketika ada suatu kejadian dikelas yang kita anggap unik ataupun berkesan. Supaya artikel bebas menarik, maka buatlah judul menarik. Artinya pembaca penasaran dengan isinya ketika membaca judul artikel bebas yang kita tulis.

Bagaimana Supaya Mudah Membuat Artikel Bebas?
Ada beberapa langkah supaya kita tidak bingung kita menulis artikel bebas ini. Langkah tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Pokok pikiran yang akan ditulis, bisa dibuat bebas.
  2. Sementara kesampingkan aturan-aturan ejaan.
  3. Artikel yang kita tulis awalnya bisa berupa cerita ataupun sebagai informasi.
  4. Edit pelan-pelan. Makin banyak kita lakukan ini, nanti semakin lama semakin bagus.

Dari sebuah kalimat momen special, kita dapat mengembangkanmenjadi beberapa paragraph. Caranya adalah sebagai berikut.
  1. Indentifikasi masalahnya apa.
  2. Cari tahu penyebabnya apa.
  3. Cari tahu tentang dampak jika masalah tidak selesai.
  4. Hikmah kejadian itu apa.

Apa Bedanya Guru Keras dan Guru Tegas?
Pak Munif menjelaskan bahwa harus dibedakan antara guru keras dan guru tegas. Guru killer adalah sebutan untuk guru keras.ciri-cirinya, guru keras berdampak akan dijauhi, dihindari siswa. Namun guru tegas, sebaliknya.yaitu akan dirindukan oleh siswa. Pada zaman sekarang ini yang dibutuhkan adalah guru yang tegas. Kedisiplinan yang diterapkan oleh guru tegas akan menjadi unsur siswa suka kepada gurunya.

Ada tiga cara sederhana menjadi guru tegas.
  1. Kita menjadi gurunya, orang yang memberikan ilmu.
  2. Kita menjadi orangtuanya, kita memberikan nasihat-nasihat kepada siswa.
  3. Kita menjadi sahabatnya, kita dapat membuka diri untuk menerima curhat dari siswanya.

Pembelajaran diakhiri pukul 20.00 WIB. Pembelajaran diaakhiri oleh Bapak Munif dengan menyampaikan kesimpulan. Kesimpulannya adalah:
  1. Momen special dapat menggugah kita untuk menulis.
  2. Untuk awal, tulis saja semampu kita tanpa khawatir salah dalam kaidah penulisannya.
  3. Tuangkan semua kejadian special ke dalam tulisan kita.
  4. Guru harus bisa memainkan 3 peran yaitu menjadi guru, orang tua, dan sahabat bagi siswa.



10 comments:

  1. Momen Spesial menurut Munif Chatib adalah kejadian khusus yang terjadi antara guru dan siswa baik didalam maupun diluar kelas. Momen special ini dapat masuk dalam memori jangka panjang. Memori jangka panjang yaitu memori yang tidak akan terlupakan dalam seumur hidup seseorang. https://membangunpersonalbranding.blogspot.com/2020/04/menulis-momen-spesial-kala-mengajar-di.html

    ReplyDelete
  2. Terima kasih tulisannya Bu keren..
    Ini kira-kira inti dari materi tersebut:
    Apa itu Momen Spesial?
    Momen Spesial adalah kejadian khusus yang terjadi antara guru dan siswa baik didalam maupun di luar kelas. Momen spesial ini dapat masuk dalam memori jangka panjang. Memori jangka panjang yaitu memori yang tidak akan terlupakan sepanjang hidup seseorang.

    Mengapa Momen Spesial Harus Ditulis?
    Hal tersebut adalah:Peristiwa tersebut tak akan lupa seumur hidup, sebab masuk kedalam memori jangka panjang

    Bagaimana Caranya Menuliskan Momen Spesial?
    Ada 3 (tiga)tahapan menuliskan spesial momen. Tahapan tersebut adalah:
    *Catat/ rekam* kejadian momen spesial pada saat terjadi.
    *Elaborasi*, mencari data-data pendukung terhadap momen spesial. Data tersebut dapat berupa fakta, saat bertanya, atau kita menambahkan imajinasi.
    *Menulis*. Menulis ini dapat dilakukan apabila data telah terkumpul, setelah itu kita dapat menuliskannya dalam bentuk artikel bebas.

    ReplyDelete